Cari Blog Ini

Senin, 27 September 2010

PlayStation 2 Emulator (PCSX2)

Halo teman-teman, dah lama banget gak posting di blog. Sekarang saya mencoba memulai berposting lagi..hehe.


Sesuai judul posting di atas, kita akan mencoba bermain PS2 di komputer kita. Caranya gimana? Tenang, gak sulit kok.

1. Download dulu programnya di sini >>12 mb (di klik atuh, biar bisa download), atau teman-teman download program yang udah saya setting di sini << Recommended alias sangat dianjurkan (udah lengkap nih, tinggal maen doank)

2. Setelah itu Instal dulu donk programnya.
#Kenapa kok pake' instal segala, katanya tadi sudah lengkap tinggal maen doank? Kita lihat dulu komputer anda sudah terinstall Microsoft Visual C++ atau belum? Kita menginstal ini untuk mengambil program "Microsoft Visual C++ dan DirectX Web Setup". Ini penting untuk penerjemahan kode pemrogaman dari Aplikasi PCSX2. Namanya aja emulator PS2, jadi menerjemahkan kode dari PS2 ke komputer.

3. Setelah selesai, update directX komputer anda. Bisa di download di sini << Penting!!
#Kenapa harus instal directX? Karena program/game-game terbaru mensyaratkan directX yang terbaru juga. DirectX menyupport game-game untuk bisa berjalan optimal. Itulah mengapa PCSX2 juga membutuhkan directX terbaru.


4. Setelah itu, jalankan aplikasinya. Pakai pcsx2 r3113, karena ini versi terbaru saat ini.
Pilih pcsx2 r3113
Tekan Custom folder>browse untuk mencari lokasi anda menaruh folder PCSX2
Tekan "Import" jika anda pengen ambil settingan dari komputer saya atau tekan "Overwrite" jika nanti mau menyetting sendiri.
Keterangan: GS=Untuk layar, di misalkan ini tu TV/LCD yang kita pake' buat maen. PAD=JoyStick yang kita pake' buat maen. SPU2=Speaker atau Audio Output. CDVD=pasti sudah tau, yupz, benar sekali, DVD-Drive buat maen Game PS2, kan Game PS2 pake' DVD. Jadi Komputer anda harus ada DVD-ROM nya. Untuk yang lainnya (USB,FW,DEV9) itu gak terlalu penting. Anda setting seperti di gambar aja. Trus yang di bawah sendiri, itu kolom plugin. Tekan browse>cari folder plugin yang ada dalam folder PCSX2.



Bios adalah system yang ada dalam mesin PS2. Anda pasti pernah melihat ketika PS2 baru di nyalakan, ada objek mirip kristal yang berputar-putar, trus muncul logo PlayStation2. Nah, seperti itulah bios. Bios juga berguna ketika anda mau mengcopy/memformat/menghapus save data yang ada di memory card. Oh ya, kalau biosnya tidak muncul seperti gambar di atas, pilih browse dan cari folder bios yang ada dalam folder PCSX2.

5. Untuk Menyetting, perhatikan gambar berikut.

6. Nah, udah selesai, silahkan bermain. Eh,tunggu dulu. Kalau mau mengesave game gimana? Saya kan gak punya memory card PS2, masa' harus beli? Kan memory card PS2 mahal banget. Oh iya, lupa. Tenang, memory card di emulator gak pake' beli alias gratis. Pada umumnya memory card PS2 yang dijual di pasaran berkapasitas 8 MB, tapi saya pernah juga melihat ada yang 32 MB. Nah, di PCSX2 bisa memilih make' 8MB,16MB atau 32 MB, bahkan bisa sampai 64MB. Pengen tau caranya? Simak gambar di bawah ini.
Buka aplikasi pcsx2 legacy
Pilih Run Bios(No Disc)
Nah, setelah itu anda akan diberi pilihan mau make' memory card yang berkapasitas berapa MB.
Saya kok gak bisa memunculkan menu pilih memory card?
Anda cek dahulu di folder memcards, sudah ada file Mcd001.ps2/Mcd002.ps2 apa belum? Kalau sudah ada ya otomatis gak bisa, anda harus menghapus keduanya. Baru setelah itu anda bisa membuat memory card yang berkapasitas lebih dari 8 MB


7. Akhirnya selesai juga, tinggal main deh. Eits, jangan lupa kaset PS2nya. Kalau belum punya ya beli dulu lah, kaset PS2 kan cuma Rp. 5.000,00, gak bakal bikin kanker(kantong kering).
Masukkan kaset game PS2. Di sini saya coba pake' Dragon Ball Z Infinity World.
Setelah itu klik Boot CDVD(fast), jika anda pengen langsung masuk ke gamenya atau klik CDVD(full) untuk menampilkan penampakan bios PS2.
Ini beberapa gambar ketika maenin gamenya.
8. Tidak semua game bisa dimainkan alias pilih-pilih, dikarenakan program ini belum sempurna. Kalo pengen tau game apa saja yang bisa dimainkan, bisa di cek di compatibility list


Coba lihat video di bawah ini, ini video rekaman dari komputer saya. Gambarnya jelek, maklum lah ngrekam lewat hape.



Maaf, kalau ada yang salah dalam penyampaian. Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan. Jika Anda belum paham, anda bisa bertanya langsung kepada saya. Terima Kasih. ^_^

2 komentar:

musefendigame mengatakan...

super sekali tutorialnya gan
nanti ane anjurkan orang2 blog ane biar pada maen kesini

3 mengatakan...

mantab bro